Read Time:1 Minute, 44 Second

Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Emiten pengelola rumah sakit OMNI,  PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), berencana mengambil alih seluruh saham PT Elang Medika Corpora (EMC) yang dimiliki PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK).

SAME akan mengambil alih 1,25 juta saham atau setara 99,99% dari modal disetor dan ditempatkan EMC. Adapun nilai nominalnya Rp 1 juta per saham.

“Harga pembelian senilai Rp1,25 triliun,” jelas manajemen PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk dalam keterbukaan informasi, Senin (19/10).

Oleh karenanya, emiten dengan kode SAME itu akan melakukan penambahan modal dengan  Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue.

Baca Juga: Sarana Meditama (SAME) akan rights issue untuk ekspansi dan investasi

Untuk merealisasikan rights issue, SAME perlu memperoleh persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada 24 November 2020. Pemegang saham yang berhak hadir adalah mereka yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham per 27 Oktober 2020.

Asal tahu saja, EMTK merupakan perusahaan yang  bergerak dalam bidang jasa (aktivitas profesional) dan perdagangan. Emiten yang awal didirikan bergerak dalam bidang usaha penyediaan peralatan komputer itu merupakan induk usaha dari EMC.

Adapun EMC adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang aktivitas konsultasi manajemen, mencakup dalam bidang kesehatan dan perdagangan besar komputer dan perlengkapan komputer.

EMC merupakan perusahaan yang secara tidak langsung memiliki usaha rumah sakit. Mengutip website resminya, EMC memiliki dua rumah sakit terletak di Sentul dan Tangerang

Dengan adanya transaksi ini, SAME berharap akan ada efisiensi operasional yang dapat berkontribusi positif terhadap kinerja keuangan konsolidasi di masa mendatang. Selain itu, SAME berharap dapat menguatkan posisinya dan EMC dalam bidang usaha rumah sakit. Hal-hal itu itu nantinya akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham SAME.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

.bg-color-linkedin { background-color: #0072b1; } <!–

–> <!–

Video Pilihan

–> <!–

–>
<!–

BISNIS RUMAH SAKIT

–> Source