Read Time:1 Minute, 48 Second

Suara.com – Puasa mutih menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan calon pengantin sebelum hari pernikahan mereka. Saat melakukan puasa mutih, ia dilarang untuk makan dan minum apa saja, kecuali nasi putih dan air putih.

Selain dipercaya dapat membuat si pengantin terhindar dari marabahaya, puasa mutih juga diyakini bisa membuat pengantin perempuan terlihat lebih cantik karena aura yang lebih terpancar atau yang biasa disebut manglingi. 

Sayangnya, ada hal yang tidak diketahui oleh banyak orang mengenai puasa mutih.  Jika terlalu dipaksakan, hal tersebut justru memiliki efek samping bagi calon pengantin.

Itu juga yang dikisahkan oleh seorang MakeUp Artist dengan akun @alantikalov89 di TikTok. Video yang menceritakan pengalamannya merias calon pengantin yang tengah melakukan puasa mutih ini viral dan telah ditonton lebih dari 1,5 juta orang.

Baca Juga: Video Ambulans Angkut Seserahan Pernikahan Viral, Warganet Geregetan

“Mau cerita tentang pengalamanku. Biasanya kalau aku makeup pengantin, yang ngerik alis (ngerapihin alis) itu aku sendiri. Karena di desa calon pengantinku itu ada adat yaitu harus dikerik ibu-ibu yang pakai jilbab ini, aku nggak masalah karena itu adat istiadat yang harus dihormati,” tulisnya mengawali cerita. 

Setelah selesai prosesi adat pengerikan alis, lanjut MUA tersebut, dirinya pun mulai merias calon pengantin. Namun, setelah pemakaian foundation, tiba-tiba calon pengantin tersebut bilang kalau perutnya sakit dan dia izin untuk makan sebentar. 

“Akupun mempersilahkan dia untuk makan tanpa nasi tanpa lauk yang sudah disiapkan oleh ibu dari pengantin. Kenapa nasi tanpa lauk, karena dia sedang puasa mutih, tidak makan berasa dan bernyawa. Menurut kepercayaan akan bikin sang pengantin manglingi kalau melakukan prosesi mutih,” katanya memberi penjelasan.

Setelah baru makan satu suap, lanjut sang pemilik akun, calon pengantin itu malah menangis. Ia pun segera meminta bantuan orang lain. Tapi, calon pengantin itu malah pingsan. 

“Ibunya mbak ini bilang, kemarin dia seharian nggak makan karena puasa mutih. Bukan orangtuanya yang maksa buat mutih, tapi mbaknya sendiri yang melakukan keinginan sendiri,” katanya. 

Baca Juga: Disuruh Ngaca, Jebul Kalau Mau Masuk UKM Bahasa Ini Harus Good Looking Lur

Ia pun meminta agar perempuan tidak memaksakan diri untuk menjalani puasa mutih hanya untuk alasan manglingi. Karena sebenarnya, semua itu tergantung para perias pilihan masing-masing. 

Source