Read Time:56 Second

Jakarta

Pemerintah belum menetapkan kategori masyarakat yang bakal mendapatkan vaksin virus Corona secara gratis dan berbayar. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan saat ini pemerintah sedang memetakan kategorisasi tersebut.

“Nanti kita menentukan siapa yang akan divaksin secara gratis. Karena kalau masyarakat yang tidak mampu tidak boleh kemudian mereka tidak bisa mendapatkan. Yang mampu tentunya kita berharap bisa membayar sendiri,” kata dia dalam Capital Market Summit & Expo 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Senin (19/10/2020).

Wanita yang juga menjadi Wakil Ketua Komite Penanganan COVID- 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengatakan, hal itu masih disusun.

“Ini semuanya yang menjadi faktor yang sedang dirangkai, disusun sehingga nanti pemerintah akan secara bertahap juga menjelaskan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah, lanjut dia berusaha seterbuka mungkin kepada masyarakat mengenai pengadaan vaksin ini. Untuk itu dibutuhkan penjelasan kepada mereka.

“Ini lho vaksin yang akan kita adakan, dari sumber mana saja, biayanya berapa, untuk target group siapa, dan bagaimana, siapa yang akan membayar, siapa yang kemudian akan digratiskan. Itu semuanya yang akan menjadi fokus dari pemerintah saat ini,” tambahnya.

Pemerintah pun memberikan insentif terkait pengadaan vaksin. Baca di halaman selanjutnya.

Source