Read Time:1 Minute, 15 Second

KONTAN.CO.ID – Selama pembelajaran jarak jauh (PJJ), tidak jarang pelajar malas bangun pagi. Tidak pergi ke sekolah menjadi alasan banyak siswa yang memilih bangun siang saat PJJ. 

Bangun pagi nyatanya memiliki banyak manfaat untuk Anda. Manfaat tersebut bisa Anda rasakan, mulai dari tubuh hingga di pekerjaan. 

Melansir dari Business Insider, bangun lebih awal bisa menjaga kesehatan mental Anda. Wanita yang rutin bangun pagi terhindar dari penyakit, seperti depresi, anxiety, dan gangguan lainnya.

Tubuh juga lebih siap untuk beraktivitas jika Anda bangun pagi. Otak memiliki jeda waktu untuk “pemanasan” sebelum melakukan beragam aktivitas.

Karena manfaatnya yang banyak, banyak pesohor dunia yang menerapkan pola bangun pagi. Contohnya, CEO Apple Tim Cook yang bahkan bangun sebelum jam 4 pagi setiap hari.

Baca Juga: Protokol kesehatan keluarga: Begini cara meningkatkan imunitas tubuh

Bangun pagi meskipun terdengar sederhana, kadang sulit untuk dilakukan. Dihimpun dari Healthline dan Enterpreneur, berikut beberapa cara yang bisa membuat Anda bangun pagi: 

  • Memasang alarm 

Pasang alarm pada jam atau ponsel sesuai jam Anda ingin bangun. 

Taruh jam atau ponsel jauh dari tempat tidur Anda. Hal ini menjauhkan Anda untuk memencet tombol snooze dan kembali tidur. 

  • Tidur lebih awal

Hindari begadang saat malam hari agar Anda mudah bangun pagi. Usahakan untuk tidur sebelum jam 10 malam agar tubuh cukup mendapatkan waktu istirahat. 

Baca Juga: Kaum milenial, begini tips dan cara mengatur keuangan di kala pandemi Covid-19

<!–

–>

Editor: Tiyas Septiana

.bg-color-linkedin {background-color: #0072b1;}

Source