Read Time:2 Minute, 5 Second

KONTAN.CO.ID – Kabar yang cukup menarik datang dari SEA Games 2021 yang bakal digelar di Vietnam. Selain cabang olahraga konvensional, kabarnya esports juga bakal masuk dalam cabor yang dipertandingkan pada SEA Games 2021.

Southeast Asian Games atau yang disingkat SEA Games menjadi salah satu agenda rutin pesta olahraga dua tahun sekali di wilayah Asia Tenggara.

Seluruh negara di Asia Tenggara berhak mengikuti sekaligus menjadi ajang unjuk gigi di bidang olahraga. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, banyak cabang olahraga (cabor) yang ditambahkan dalam SEA Games.

Bahkan yang lebih menarik lagi, Electronic Sports atau yang lebih dikenal dengan Esports juga turut diperlombakan.

Sebagai informasi tambahan, esports menjadi istilah yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Singkatnya esports menyuguhkan sebuah kompetisi yang seru dan menarik memanfaatkan game.

Umumnya esports diselenggarakan oleh pihak tertentu serta diikuti oleh tim dan pemain yang professional atau pro player.

Meski sebagian orang menganggap bermain game menjadi hal yang hanya membuang-buang waktu. Faktanya pertandingan game kompetitif di luar sana memperebutkan hadiah yang besar. Termasuk di Indonesia, esports juga belakangan mulai tumbuh dan berkembang, bahkan sudah mulai dilirik banyak kalangan.

Tidak heran SEA Games juga melirik esports sebagai cabang yang dipertandingkan dalam pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara ini.

Kabar gembira bagi pecinta esports, SEA Games 2021 akan kembali menambahkan esports sebagai cabor yang bakal dipertandingkan. 

ILUSTRASI: eSport

Mengutip dari esportsobserver.com, Federasi SEA Games baru-baru ini telah menyetujui empat cabor yang sebelumnya ditolak dalam rapat online terakhirnya.

Empat cabor tersebut termasuk triathlon, jiu jitsu, bowling dan juga esports

 

Menurut laporan Vietnam Express International, Duong Vi Khoa selaku Wakil Presiden Vietnam Recreational Esports dan Kepala Vietnam Esports untuk SEA Games mengungkapkan esports yang dipertandingkan sama seperti sebelumnya.

Tiga game yang sudah dikonfirmasi adalah Dota 2, Arena of Valor (AOV) dan Pro Evolution Soccer (PES). Berkaca pada SEA Games 2019 di Filiphina, setidaknya ada enam judul game yang dipertandingkan dalam cabor esports.

Enam judul game tersebut juga populer di Asia Tenggara, yaitu Mobile Legends, AOV, Dota 2, PES, Starcraft dan Hearthstone.

Apakah tahun ini juga sama? Atau ada judul game baru yang bakal dipertandingkan di cabor esports SEA Games 2021 di Vietnam kelak. 

SEA Games 2021 segera bergulir pada tanggal 21 November 2021 mendatang dengan Vietnam sebagai tuan rumah.

 

 

<!–

–>

Editor: Arif Budianto

.bg-color-linkedin {background-color: #0072b1;}

Source