Read Time:1 Minute, 12 Second

Menilai Kinerja 1 Tahun Jokowi-Ma’ruf
2020-10-21T08:27:43Z

KOMPAS.TV – Tepat 20 Oktober 2020, genap satu tahun kepemimpinan Jokowi – Ma’ruf Amin. Sejauh mana capaian kinerja pemerintah di tahun pertama periode kedua kepemimpinan Jokowi ini?

Litbang Kompas merilis hasil survei tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintahan Presiden Jokowi dan wakilnya Ma’ruf Amin selama satu tahun terakhir.

Hasil survei melalui telepon ke 529 responden di 80 kota/kabupaten Indonesia, didapati 46.3 persen menyatakan tidak puas dan 39.7 persen menyatakan puas.

Sisanya 5.5 persen menyatakan sangat puas, 6.2 persen menyatakan sangat tidak puas, dan 2.3 persen tidak tahu.

Tingkat kepercayaan survei tersebut 95 persen dengan margin of error 4 persen.

Dalam survei, proses penyusunan UU Cipta Kerja menjadi isu yang paling mempengaruhi ketidakpuasan publik terhadap pemerintahan.

Sementara itu, Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai bahwa selama satu tahun ke belakang pemerintahan Jokowi – Ma’ruf tidak terlalu peduli dengan gerakan anti korupsi.

Tahun pertama dalam periode kedua pemerintahan Jokowi memang diterpa tantangan berat. Virus corona merebak, penanganan pemerintah pun dituntut harus cepat.

Yang jelas, PR pemerintahan Jokowi – Ma’ruf masih terbilang banyak.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.