Read Time:1 Minute, 22 Second

Jakarta, CNN Indonesia —

Massa buruh dari berbagai serikat di Tangerang, Banten akan ikut berkumpul di Kantor Organisasi Buruh Internasional (ILO) di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (22/10).

Massa buruh kemudian akan long march ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha untuk menggelar demonstrasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Anggota Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Banten, Frast, mengatakan Kantor ILO rencananya akan menjadi titik kumpul bila aparat kepolisian tidak memblokade jalan.


“Titik kumpul kita di ILO, kalau enggak ada pemblokadean,” kata Frast lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu, anggota Federasi Serikat Buruh Nusantara (FSBN) Maman tidak menjawab saat ditanya apakah pihaknya akan ikut berkumpul dengan serikat buruh lainnya di depan Kantor ILO sebelum menggelar demonstrasi tolak UU Ciptaker.

Ia hanya berkata, rute perjalanan massa FSBN akan dimulai dari Tangerang menuju Jalan Cideng lalu ke Jalan Kebon Sirih kemudian masuk ke area Tugu Tani, dan menggelar demonstrasi di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

“Kalau dari Banten ke Tugu Tani, melalui Jalan Cideng kemudian ke Jalan Kebon Sirih lalu Tugu Tani, dari Tugu Tani ke Patung Kuda,” ucapnya.

Sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) kembali menggelar aksi lanjutan tolak pengesahan Omnibus Law, hari ini.

Ketua Umum KASBI Nining Elitos menyebut aksi kali masih menyuarakan tuntutan yang sama agar Presiden Joko Widodo menerbitkan Perppu pencabutan UU Ciptaker.

Nining mengklaim sekitar 1.500-2.000 massa dari elemen buruh akan turun dalam aksi lanjutan kali ini.

Dalam sebaran aksinya, aksi unjuk rasa oleh Gebrak akan digelar pukul 10.00 WIB yang dimulai dengan long march dari Kantor ILO ke kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

(mts)

[Gambas:Video CNN]

Source