Read Time:1 Minute, 38 Second

Suara.com – Menghapal adalah sesuatu yang cukup sulit. Tapi, meski sulit, kemampuan menghapal cepat sangat dibutuhkan, terutama oleh para pelajar dan mahasiswa.

Nah, ada tips yang dapat dilakukan supaya kamu bisa dengan mudah menghapal cepat. Ini dia, seperti dilansir dari laman Lifehack.

1. Konsumsi makanan dan minuman yang meningkatkan daya ingat
Nutrisi jadi salah satu faktor yang memengaruhi kemampuanmu menghapal sesuatu. Beberapa makanan dan minuman tertentu dapat membantu meningkatkan daya ingat, misalnya teh hijau, telur, ikan salmon, alpukat, dan lainnya.

2. Rekam materi yang akan dihapalkan
Merekam hapalan sangat berguna untuk melatih daya ingat otak. Misalnya jika kamu akan berpidato, merekam suara akan sangat membantu. Rekaman tersebut dapat didengarkan kembali dan dijadikan evaluasi hingga kamu benar-benar menghapalnya. Mendengar hasil rekaman berulang-ulang membuat kita terbiasa dengan kata-kata yang akan dihapal.

Baca Juga: Bantu Kemampuan Belajar, Coba Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

3. Tulis kembali materi hapalan
Mencatat juga bisa membantumu menghapal sesuatu. Dengan menulis, secara tidak langsung kamu membantu otak untuk mengingatnya kembali.

4. Pisahkan materi hapalan menjadi beberapa bagian penting
Memisahkan hapalan menjadi beberapa bagian penting akan sangat membantumu mengingat cepat. Misalnya, tulis poin-poin dari hapalan tersebut. Ketika lupa, kamu cukup melihat kembali poin-poinnya, dan secara otomatis hapalan lainnya akan muncul ke dalam ingatan.

5. Terapkan teknik menghapal kumulatif
Saat menghapal, jangan langsung mencoba mengingat semuanya. Cobalah menghapal satu per satu, misalnya dengan mengingat satu baris dahulu, kemudian dilanjutkan menjadi satu paragraf. Tambahkan secara bertahap. Teknik ini akan mempermudahmu mengingat hapalan dengan lebih cepat dibandingkan kamu berusaha menghapal semuanya sekaligus.

6. Sampaikan kepada orang lain
Penelitian menunjukkan bahwa menyampaikan informasi kepada seseorang adalah cara yang jitu untuk mengingat kembali informasi tersebut. Hal itu karena saat kamu menyampaikan informasi, kamu akan menggali ingatanmu tentang hapalan tersebut.

7. Beristirahatlah
Jangan memaksakan diri. Beristirahatlah di sela-sela menghapal. Jangan sampai otakmu lelah. Jika otak lelah, justru akan membuatnya lebih cepat melupakan segala sesuatu yang seharusnya diingat. (Fajar Ramadhan)

Baca Juga: Anak yang Ikut Les Musik Cenderung Punya Ingatan Lebih Baik

Source