Read Time:3 Minute, 10 Second

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tahun 2020 menjadi tahunnya instrumen investasi obligasi. Dengan kebijakan moneter yang longgar dan tren suku bunga rendah, kinerja reksadana pendapatan tetap pun ikut terpukul. 

Secara tahunan, kinerja reksadana pendapatan tetap yang tercermin dari Infovesta Fixed Income Fund Index mencatatkan pertumbuhan 8,99%.

Beberapa reksadana pendapatan tetap bahkan mampu mengungguli kinerja indeks acuan tersebut. Salah satunya adalah reksadana Manulife Dana Tetap Pemerintah yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). 

Merujuk data dari Infovesta Utama, sepanjang 2020 reksadana Manulife Dana Tetap Pemerintah berhasil mencatatkan pertumbuhan sebesar 15,95%.

Baca Juga: Kinerja reksadana campuran minus, SAM Mutiara Nusa Campuran jadi jawara di kelasnya

Director & Chief Investment Officer Fixed Income MAMI Ezra Nazula menjelaskan, strategi yang digunakan untuk Manulife Dana Tetap Pemerintah adalah durasi moderat. Dengan strategi tersebut, MAMI menempatkan alokasi ke obligasi pemerintah dengan tenor menengah dan panjang. 

Sementara untuk pengelolaannya, Ezra menyebut bahwa MAMI menggunakan manajemen aktif sehingga durasi portofolio pun akan disesuaikan apakah akan di atas atau di bawah tolar ukur agar bisa memberikan kinerja paling optimal untuk investor. 

“Pada tahun 2020, susunan Manulife Dana Tetap Pemerintah adalah 80-100% merupakan obligasi pemerintah. Sementara pada tahun kemarin kan, suku bunga acuan dipangkas sebanyak lima kali sehingga yield obligasi pemerintah juga ikut  turun ke bawah level 6%. Pada akhirnya ini ikut mengerek kinerja reksadana Manulife Dana Tetap Pemerintah dapat memberikan hasil yang bagus,” jelas dia kepada Kontan.co.id, Rabu (30/12).

Ke depan, Ezra menilai peluang kinerja obligasi negara tumbuh masih akan tetap terjaga seiring tren suku bunga rendah yang masih akan terjadi. Selain itu, potensi arus dana asing yang kembali ke negara berkembang termasuk Indonesia, dan likuiditas di pasar finansial yang tinggi juga semakin memberi support untuk pasar obligasi. 

Baca Juga: Berikut tiga besar reksadana dengan return tertinggi di 2020 per jenis reksadana

Dengan kondisi tersebut, Ezra menyebut MAMI tidak banyak melakukan perubahan strategi pengelolaan Manulife Dana Tetap Pemerintah. Ia menargetkan, pada tahun ini imbal hasil pemerintah 10 tahun akan berada di kisaran 5,5%. 

“Kami ekspektasi kan kinerja Manulife Dana Tetap Pemerintah masih akan sama seperti tahun lalu dan dapat membukukan kinerja yang sesuai dengan tolak ukurnya,” pungkas Ezra.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

.bg-color-linkedin { background-color: #0072b1; } /*artikel selanjutnya popup */ .article__flex {position: fixed;bottom: 60px;z-index: 9;display: -ms-flexbox;display: flex; background: #fff;box-shadow: 0 0 6px rgba(0,0,0,.2);flex-wrap: nowrap; border-radius: 5px;overflow: hidden;height: 70px;} .article__box {flex-grow: 1;position: relative; width: calc(100% – 70px);padding: 15px 15px 0 10px;display: -ms-flexbox; display: flex;flex-wrap: wrap;align-items: center;align-content: center;} .article__img img.imej{width: 90px !important; height: 70px !important; object-fit: cover; } .article__subtitle {position: absolute;top: 10px;left: 10px;display: block; width: calc(100% – 80px);overflow: hidden;font-size: 10px;line-height: 1;color: #2a2a2a;} .article__title a.article__link {display: block; font-family: Roboto,sans-serif; line-height: 1.3; color: black; letter-spacing: 0px;} .article__title a:hover {color: #f38d21;} .article__title {display: block;font-size: 14px;font-weight: 700;color: #000; height: auto;max-height: 37px;overflow: hidden;} .showHide {display:none;} @media only screen and (min-width: 800px){ .article__flex{bottom: 99px; max-width: 607px; height: 85px;} .article__subtitle {font-size: 12px; } .article__title {display: block;font-size: 18px;max-height: none;} .article__img img.imej{width: 110px !important; height: 85px !important; margin-top: 0px; margin-bottom: 0px;} } /*END OF- artikel selanjutnya popup */

<!–

–> <!–

Video Pilihan

–> <!–

–>
<!–

INVESTASI REKSADANA

–> Source