Read Time:1 Minute, 42 Second

Suara.com – Tidak sedikit dari kita yang memiliki resolusi menurunkan berat badan. Tapi target ini sangat sulit untuk dicapai apalagi bagi mereka yang mudah tergoda oleh makanan.

Tapi kamu harus tahu, lima makanan yang bisa mempercepat metabolisme tubuh dan sangat membantu menurunkan berat badan. Apa saja? Berikut daftarnya seperti yang telah dikutip dari Insider.

1. Cabai
Metabolisme kita akan bekerja lebih cepat dengan bantuan senyawa capsaicin yang ada pada cabai. Capsaicin adalah senyawa yang bertanggungjawab memberikan rasa pedas pada cabai. Dalam penelitian di 2017 menunjukkan jika capsaicin berguna untuk mengaktifkan reseptor TRPV1 yang memengaruhi berat badan, karena bisa mengeluarkan energi yang lebih banyak, ditambah cabai juga bisa menekan nafsu makan.

2. Kopi
Profesor Kedokteran UCLA Dvid Geffen School of Medicine, Zhaoping Li, MD, PhD mengatakan kafein berguna meningkatkan dopamin dan noradrenalin, yakni sejenis hormon yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: 5 Resep Makanan Tahun Baru Terfavorit dari Sate Ayam hingga Spaghetti

“Mengonsumsi kopi mungkin punya beberapa efek yang menguntungkan untuk menurunkan berat badan dan menekan asupan kalori,” terang Ahli Diet lulusan Baylor College of Medicine, Roberta Anding, RD.

3. Teh
Jika Anda tidak suka kopi, Anda bisa mencoba teh karena sama-sama mengandung kafein, meski tidak sebanyak kopi. Selaras dengan studi 2016 yang menunjukkan orang yang berat badannya terjaga, ternyata banyak mengonsumsi minuman berkafein.

Selain itu studi di 2012 menunjukkan teh hijau secara khusus bisa meningkatkan metabolisme tubuh bagi mereka yang kelebihan berat badan dan perempuan yang obesitas.

4. Jahe
Salah satu bumbu dapur yang kerap jadi ramuan tradisional ini ternyata mengandung senyawa shogaols yang terbukti berfungsi sebagai antiinflamasi dan penurunan berat badan.

Selain itu jahe juga membantu menurunkan berat badan dengan merangsang pencernaan, mengurangi peradangan dan menekan nafsu makan. Selaras dengan studi kecil di 2012 bahwa air panas dengan campuran 2 gram jahe bisa menekan rasa lapar dan berikan efek kenyang.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Ini Hidangan Menyehatkan yang Bisa Disantap

5. Kacang-kacangan
Keluarga kacang-kacangan termasuk di antaranya buncis, kedelai, dan kacang tanah tinggi protein dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Ditambah serat pada kecang-kacangan memberikan efek kenyang.

Source