Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Membuat Donat Empuk Tanpa Kentang

Sabtu, 31 Agustus 2024 | Agustus 31, 2024 WIB Last Updated 2024-08-30T23:00:00Z
cara membuat donat


Apakah Anda ingin membuat donat yang lembut tanpa harus menggunakan kentang? Ini dia resep sederhana yang akan membantu Anda menciptakan donat empuk yang sempurna untuk menemani waktu teh atau sebagai camilan lezat.

Bahan-bahan:
  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 2,5 sdm gula pasir
  3. 3 gr ragi instan
  4. 125 ml air hangat
  5. 1 sdm susu bubuk
  6. 1 kuning telur
  7. 50 gr mentega, lelehkan dan biarkan menjadi suhu ruang

Langkah-langkah Pembuatan:
  • Persiapan Adonan Awal: Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, ragi instan, gula, dan air hangat. Aduk rata mengikuti arah jarum jam hingga semua terlarut sempurna.
  • Tambahkan Bahan Lainnya: Masukkan susu bubuk dan kuning telur ke dalam adonan. Aduk rata. Sambil terus mengaduk, tambahkan mentega leleh dan sisanya tepung terigu sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan menjadi kalis dan elastis, proses ini bisa memakan waktu antara 15-30 menit.
  • Fermentasi Adonan: Bulatkan adonan, letakkan dalam wadah yang sudah disiapkan dan tutup dengan plastik wrap atau kain. Simpan di tempat yang hangat seperti di dekat magic jar dan biarkan mengembang hingga dua kali lipat selama kurang lebih 45 menit.
  • Membentuk Donat: Kempiskan adonan untuk mengeluarkan gas, bagi menjadi beberapa bagian (sekitar 30 gr tiap bagian). Bulatkan masing-masing dan letakkan di loyang yang telah ditaburi tepung. Tutup lagi dan biarkan mengembang sedikit selama 15-20 menit.
  • Penggorengan: Panaskan minyak, buat lubang di tengah adonan, lalu goreng dengan api kecil sampai sedang. Balik donat sekali saja untuk menghindari penyerapan minyak yang berlebihan. Goreng hingga keemasan.
  • Penyelesaian: Setelah donat dingin, tambahkan topping favorit Anda, seperti gula halus, cokelat leleh, atau selai.
Nikmati kreasi donat empuk Anda yang tidak hanya lezat tetapi juga praktis tanpa kentang! Perfect untuk semua kesempatan, dari kumpul keluarga hingga acara khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update